Skip to content

istilah – istilah kepariwisataan

October 18, 2012
  1.  Sego ( jawa ) : nasi
  2.  Amben ( jawa ) : tempat tidur
  3. Hotel : tempat untuk menginap sejenis kamar tidur yg identik berkelas.
  4. Bahari : perjalanan pariwisata yang berhubungan pada rekreasi atau melancong, yang objeknya adalah laut dan isinya    (berselancar, menyelam, berperahu ).
  5.  Pramuwisata : seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.
  6. Restoran : suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.
  7. Reservasi : Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.
  8. Rekreasi : Suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang –  senang ( refreshing ).
  9. Diving : kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.
  10. Surfing : kegiatan berselancar diatas air yang dilakukan oleh para peselancar sambil menikmati derasna ombak laut.
  11. Snorkeling : kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
  12. Mlaku – Mlaku ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya adalah jalan – jalan, meskipun bukan berarti jalan jauh untuk berwisata terkadang hanya jalan yang rutenya tidak jauh.
  13.  Mlayu ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya berlari.
  14. Darmawisata : perjalanan atau kunjungan singkat dng tujuan bersenang-senang, perjalanan yg dilakukan untuk tujuan rekreasi sambil mengenal baik objek wisata dan lingkungannya.
  15. Dormitory : tipe kamar yang ada dan disediakan di hostel. Biasanya penghuni dormotory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.
  16.  Hostel : hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.
  17. Homestay : adalah rumah biasa yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu, namun tamu yang menginap akan tinggal dalam jangka waktu lama.homestay sering diikuti oleh pelajar asing guna mempelajari kebudayaan setempat.
  18.  Motel : hotel yang di desain yang lokasinya biasanya ada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir luas untuk tamunya. Motel biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sebelum penghuni melanjutkan kembali perjalanannya.
  19. Reserved : produk ataupun jasa yang telah dipesan sebelumnya dan juga telah disetujui.
  20. Akomodosi : tempat menginap orang yang sedang berwisata dalam perjalanan wisatanya.

 

Nama Kelompok : Wanty Zahara     18610456

                           Raulan Khalida    15610680

Kelas                  : 3 SA 03         

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: