Skip to content

ISTILAH-ISTILAH KEPARIWISATAAN

October 17, 2012
  1.  Sego ( jawa ) : nasi
  2.  Amben ( jawa ) : tempat tidur
  3. Hotel : tempat untuk menginap sejenis kamar tidur yg identik berkelas.
  4. Bahari : perjalanan pariwisata yang berhubungan pada rekreasi atau melancong, yang objeknya adalah laut dan isinya    (berselancar, menyelam, berperahu ).
  5. Pramuwisata : seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.
  6. Restoran : suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.
  7. Reservasi : Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.
  8. Rekreasi : Suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang –  senang ( refreshing ).
  9. Diving : kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.
  10. Surfing : kegiatan berselancar diatas air yang dilakukan oleh para peselancar sambil menikmati derasna ombak laut.
  11. Snorkeling : kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
  12.  Mlaku – Mlaku ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya adalah jalan – jalan, meskipun bukan berarti jalan jauh untuk berwisata terkadang hanya jalan yang rutenya tidak jauh.
  13. Mlayu ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya berlari.
  14. Darmawisata : perjalanan atau kunjungan singkat dng tujuan bersenang-senang, perjalanan yg dilakukan untuk tujuan rekreasi sambil mengenal baik objek wisata dan lingkungannya.
  15. Dormitory : tipe kamar yang ada dan disediakan di hostel. Biasanya penghuni dormotory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.
  16. Hostel : hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.
  17. Homestay : adalah rumah biasa yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu, namun tamu yang menginap akan tinggal dalam jangka waktu lama.homestay sering diikuti oleh pelajar asing guna mempelajari kebudayaan setempat.
  18. Motel : hotel yang di desain yang lokasinya biasanya ada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir luas untuk tamunya. Motel biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sebelum penghuni melanjutkan kembali perjalanannya.
  19. Reserved : produk ataupun jasa yang telah dipesan sebelumnya dan juga telah disetujui.
  20. Akomodosi : tempat menginap orang yang sedang berwisata dalam perjalanan wisatanya.
  21.  Melancong : suatu perjalanan wisata yang biasanya menelusuri daerah yang agak jauh dan bisa sampai berminggu minggu dalam berwisatanya.
  22.  Pakansi : sejenis liburan akhir pekan yang digunakan untuk menghabiskan waktu seperti liburan.
  23.  Berkemah : salah satu jenis wisata yang identik dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.
  24.  Travel : sebuah biro perjalanan yang mengatur tentang semua perjalanan wisata kita.
  25.  Pantai : sebuah objek wisata yang berada di sekitar laut.
  26.  Teater : sebuah seni pariwisata yang tujuannya menunjukkan tontonan yang menarik untuk kalangan yang sedang berwisata.
  27. Gunung : sebuah objek wisata yang banyak diminati seperti pecinta alam, karena keindahan atasnya dan serunya medan yang harus dilalui untuk sampai puncaknya.
  28. Tari : salah satu seni wisata yang menunjukkan jenis tari-tarian masing-masing daerah yang sedang dikunjungi para wisatawan, untuk lebih mengenal akan sebuah budaya.
  29. Koper : salah satu alat untuk berwisata yang digunakan untuk meletakkan barang bawaan saat berwisata.
  30. Andong : sebuah alat transportasi desa yang sejak dulu merupakan budaya masyarakat jawa sampai saat ini, digunakan untuk transportasi melihat lihat sekitar dengan pelan saat berwisata, biasanya para turis asing.
  31. Dokar : sama halnya seperti andong, alat transportasi masyarakat jawa biasanya, dan merupakan sudah salah satu budaya sejak dulu .
  32. Gondola : sebuah wahana bermain saat berwisata, atau dengan kata lain kereta gantung, yang saat diatas kita bisa melihat segalanya dari atas.
  33.  Pesawat : sebuah alat transporatsi udara yang biasanya digunakan untuk berwisata dari satu daerah ke daerah lain yang sangat jauh tempatnya.
  34. Bus : alat berkendara yang biasanya digunakan saat berwisata untuk sekedar melihat lihat alam sekitar di satu tempat wisata, karena jika jalan kaki para wisatawan akan mudah lelah. Maka, bus lah yang menjadi kendaraannya.
  35. Mancing : kegiatan menangkap ikan seperti memancing dilaut . biasanya para lelaki yang banyak menyukai wisata air seperti ini.
  36. Kawah : sebuah objek wisata yang indonesia juga miliki, banyak digunakan sebagai tujuan wisata karena keindahannya. Kawah adalah bagian puncak gunung berapi yg dilewati bahan letusan berbentuk lekukan besar.
  37. Bagasi : suatu tempat untuk meletakkan barang bawaan sebelum berwisata.
  38. Kamera : suatu alat untuk memotret gambar yang biasanya tujuannya untuk kenang-kenangan saat berwisata di salah satu tempat.
  39.  Cinderamata : sebuah jenis oleh-oleh yang khas dari suatu tempat wisata yang biasanya untuk kerabat yang tidak ikut serta berwisata.
  40. Kekeran : sebuah alat yang digunakan untuk melihat suatu objek atau benda yang jaraknya agak jauh agar terlihat lebih dekat.
  41. Pengeras suara ( toa ) : alat pengeras suara yang digunakan untuk mengumpulkan orang yang berwisata dalam konteks luas, jika ada pemberitahuan atau info.
  42. Kacamata : sebuah alat untuk melindungi mata dari sninar cahaya matahari.para wisatawan sering menggunakan benda ini agar mata bisa terlindung dari cahaya matahari langsung.
  43.  Kolam renang : sebuah objek wisata yang didalamnya terdapat berbagai wahana air, tempat ini sering menjadi tempat tujuan wisata karena tempatnya yang mengasyikan untuk berwisata.
  44. agritourism adalah sebuah alternatif untuk meningkatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, menggali potensi ekonomi petani kecil dan masyarakat pedesaan.
  45. Pariwisata Bahari (marine tourism) adalah aktivitas wisata yang telah lama dikembangkan sebagai Tour Destination Object di Kepulauan Wakatobi. Hal ini sangat didukung dengan keberadaan Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi.
  46. Ekowisata yang dimaksud dalam kriteria ini adalah ecological tourism, yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam.
  47. wisata alam adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi (Anonymous, 1986).
  48. akomodasi berarti adanya kenyataan suatu keseimbangan (equilibrium) hubungan antar individu atau kelompok dalam berinteraksi sehubungan dengan norma-norma sosial dan kebudayaan yang berlaku.
  49. konservasi lingkungan adalah perlindungan lilngkungan hidup agar terhindar dari kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kemampuan lingkungan itu sendiri.
  50. Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.
  51. Traveling adalah perjalanan sekelompok atau seorang wisatawan.
  52. Surfing adalah olahraga menaiki ombak dengan papan seluncur.
  53. Juggling adalah keterampilan melibatkan benda bergerak untuk hiburan dan olahraga.
  54. Snorkeling adalah kegiatan menyelam dengan mengenakan alat selam seperti masker selam dan snorkel.
  55.  Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karyaseni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat dia presiasikan dengan masyarakat luas atau wisatawan.
  56. Festival adalah harian atau pecan gembira dalam rangka peristiwa penting dan bersejarah. Misalnya pestarakyat.
  57. Grebeg gunungan, mempunyai daya tarik wisata yang kuat. Grebeg gunungan boleh dibilang semacam ritual dalam pola interaksi antar Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dengan masyarakat atau warganya.
  58. Panorama adalah pemandangan alam yang luas dan bebas yang biasanya dinikmati oleh wisatawan atau pelancong.
  59.  Resort  adalah suatu perubahan tempat tinggal untuk sementara bagi  seseorang di luar tempat tinggal  dengan tujuan lain untuk berpariwisata.
  60.  Souvenir adalah sebuah benda kecil yang mungkin anda anggap sesuatu yang remeh karena bentuknya yang kecil dan harganya tidak terlalu mahal. Itulah sedikit gambaran dari souvenir yang sering kita dapatkan atau jumpai di tempat wisata.
  61. Karnaval adalah pawai dalam rangka pesta perayaan (biasanya mengetengahkan bermacam corak dari hal-hal menarik dari yang dirayakan itu).
  62. Pesona adalah suatu tampilan yang menarik dari tempat wisata.
  63. Akomodasi adalah persediaan tempat untuk makan dan menginap bila orang bepergian ke suatu tempat.
  64.  Turis adalah orang  yang berkunjung atau berwisata ke suatu tempat.
  65. Museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang biasanya sering dikunjungi oleh para wisatawan.
  66.  Mancanegara adalah turis yang melancong kelebihan dari satu Negara.
  67. Wahana adalah sarana untuk mencapai suatu tujuan
  68. Kuliner adalah berbagai macam wisata makanan yang ada di suatu kota maupun Negara tertentu.
  69. Local  adalah  suatu para wisatawan yang berasal dari dalam wilayah itu sendiri.
  70. Domestic adalah wisata dalam negeri.
  71. Guide adalah seoarang pemandu dalam perjalanan wisat
  72. Dokar adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda.
  73.  Wayangan adalah pertunjukan kesenian wayang yang biasanya ditonton oleh para wisatawan.
  74. Wisata bahari adalah aktifitas wisata yang telah lama dikembangkan sebagai Tour Destination Object. (http://mashata.blogspot.com)
  75. Ekowisata adalah ecological tourism yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami. (http://www.ekowisata.info)
  76. Aksesibilitas adalah derajat kemudahan dicapai oleh orang terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. (http://id.wikipedia.org)
  77.  Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai ke khasan tumbuhan, satwa dan ekosistemnya perlu dilindungi. (http://id.wikipedia.org)
  78. Objek wisata adalah sebuah tempat rekreasi atau tempat berwisata. (http://www.scribd.com)
  79. Atraksi wisata adalah segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat. (http://www.scribd.com)
  80. Daerah tujuan wisata adalah daerah yang memiliki objek wisata yang ditunjang oleh masyarakat dan prasarana pariwisata. (http://www.artikata.com)
  81. Wisata pendidikan adalah suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan di dalamnya. (http://wartawarga.gunadarma.ac.id)
  82.  Industri pariwisata adalah kumpulan dari macam-macam perusahaan yang menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa (goods and service) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya. (http://jurnal-sdmku.blogspot.com)
  83. Tour adalah sebuah perjalanan yang bertujuan untuk berwisata.
  84.  Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi untuk wisatawan.
  85. Travel agent adalah tempat yang menyediakan jasa layanan wisata.
  86. Pramuwisata seseorang yang bertugas menyiapkan sebuah wisata.
  87. Tiket adalah suatu tanda untuk masuk ke lokasi wisata.
  88.  Passport adalah alat yang biasanya digunakan oleh seseorang yang hendak pergi ke suatu negara dengan tujuan berwisata atau hal lain sebagai tanda pengenal.
  89. Tradisi (Bahasa Latin: traditio, “diteruskan”) atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.
  90. Hospitaliti adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan atau praktek yang ramah. Secara khusus, ini termasuk penerimaan dan hiburan para tamu, pengunjung, atau orang asing, resort, klub keanggotaan, konvensi, atraksi, acara khusus, dan layanan lainnya untuk wisatawan dan turis.
  91. industri pariwisata adalah suatu susunan organisasi, baik pemerintah maupun swasta yang terkait dalam pengembangan, produksi dan pemasaran produk suatu layanan yang memenuhi kebutuhan dari orang yang sedang bepergian.
  92.  Objek dan daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang menjadi
    sasaran wisata.
  93. Kawasan Pariwisata adalah kawasan dengan luas tertentu yang
    dibangun atau disediakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.
  94. Kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multidimensi serta multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.
  95. Caddy : Tukang angkat-angkat atau pesuruh dalam permainan golf yang membawa tas golf berisikan beberapa stick golf.
  96.  Cancellation Fee : Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lainnya.
  97. Confidential tariff : Harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.
  98. Conveyor belt : Ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang/bagasi yang ingin kita bawa saat berwisata.
  99.  Extra bed : tempat tidur tambahan yang diganakan jika masih ada beberapa yang kekurangan pada fasilitas untuk istirahat.
  100. Cancellation Fee : Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lain. 

 

Nama kelompok : Raulan Khalida    15610680

                                     Wanty Zahara      18610456

Kelas                      : 3 SA 03

 

 

 

 

 

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: