Skip to content

Pertentangan sosial dan Integrasi masyarakat ( suku, agama, ras dan budaya )

December 24, 2011

Indonesia adalah negara yang kaya akan semua budaya juga bermacam suku, ras, warna kulit, agama, dan budaya.dalam satu wilayah tertentu mereka menganut berbagai macam agama, suku, dan budaya. yang pertama mengenai ras yaitu sebagai berikut :

1. Ras

Indonesia juga memiliki berbagai macam ras yang mereka anut.Ras ini terdiri dari seluruh suku yang ada di Indonesia seperti Jawa, Sunda, Minang, Melayu, Dayak, Bugis, Bali, Sasak, Papua dan sebagainya. Seluruh suku ini rata-rata memiliki persamaan fisik yaitu kulit sawo matang, ukuran tubuh kecil, hidung kecil dan rambut hitam. Umumnya orang Indonesia menganggap orang asing yang putih, tinggi, langsing, hidung mancung, bibir tipis, dan rambut pirang lebih cantik atau tampan.kita harus memahami dari berbagai sudut pandang yang disebut dengan cantik. bahkan bagi orang luar negeri orang indonesia memiliki ras yang cantik bagi mereka. Sebenarnya orang berpredikat tampan-cantik itu berkulit coklat, hidung kecil, mata hitam, rambut hitam. Ciri fisik itu dimiliki ras Indonesia.

menurut orang luar negeri, orang indonesia memiliki warna kulit yang lebih sexy. indonesia endominasi jenis kulit yaitu kuning langsat dan coklat. bagi negara luar, kulit coklat dianggap lebih sexy dan terlihat indah. selanjutnya, Hidung kecil lebih manis. indonesia memiliki jenis kebanyakan seperti ini. ada pula yang memiliki hidung pesek.akan tetapi indonesia lebih mendominasi hidung kecil tetapi terlihat manis.  Ras Indonesia memproduksi lebih sedikit bau badan.
Kelompok-kelompok etnis yang berbeda memiliki karakteristik bau tubuh yang berbeda. Keringat berlebih adalah masalah yang lebih banyak dihadapi oleh orang kauendominasi hidung kecil yang terlihat lebih manis.kasian dan afrikan, yang memiliki lebih banyak kantung rambut (tempat dimana apocrine berasal). Sedangkan orang Indonesia cenderung memiliki lebih sedikit kelenjar apocrine, itulah sebabnya orang eropa dan afrika lebih cenderung bau. Orang kulit Putih cenderung lebih bau seperti keju.

2. Suku

Pada dasarnya, indonesia memiliki banyak sekali janis suku di indonesia. seperti misalnya suku ambon, baduy, batak, betawi, bugis, bima, bonai dan masih banyak lagi.salah satunya saya ambil contoh adalah suku asmat.

Suku Asmat adalah sebuah suku di papua. Suku Asmat dikenal dengan hasil ukiran kayunya yang unik. Populasi suku Asmat terbagi dua yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai dan mereka yang tinggal di bagian pedalaman. Kedua populasi ini saling berbeda satu sama lain dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial dan ritual. Populasi pesisir pantai selanjutnya terbagi ke dalam dua bagian yaitu suku Bisman yang berada di antara sungai Sinesty dan sungai Nin serta suku Simai.

Seorang dari suku Asmat tengah membuat ukiran kayu

Ada banyak pertentangan di antara desa berbeda Asmat. Yang paling mengerikan adalah cara yang dipakai Suku Asmat untuk membunuh musuhnya. Ketika musuh dibunuh, mayatnya dibawa ke kampung, kemudian dipotong dan dibagikan kepada seluruh penduduk untuk dimakan bersama. Mereka menyanyikan lagu kematian dan memenggalkan kepalanya. Otaknya dibungkus daun sago yang dipanggang dan dimakan.

Sekarang biasanya, kira-kira 100 sampai 1000 orang hidup di satu kampung. Setiap kampung punya satu rumah Bujang dan banyak rumah keluarga. Rumah Bujang dipakai untuk upacara adat dan upacara keagamaan. Rumah keluarga dihuni oleh dua sampai tiga keluarga, yang mempunyai kamar mandi dan dapur sendiri. Hari ini, ada kira-kira 70.000 orang Asmat hidup di Indonesia. Mayoritas anak-anak Asmat sedang bersekolah.

3. Agama

Pada dasarnya, kita mengetahui indonesia memiliki berbagai agama seperti islam, kristiani, hindu, budha. akan tetapi ada pula seperti kongwuchu, yahudi, baha’i, kristen protestan dan katolik. mereka bebas memilih agama apa yang mereka anut sesuai dengan kepercayaan mereka masing-masing. mereka mempercayainya, menyembahnya untuk senantiasa menjadi patokan merka dalam manjalani hidup.

4. Budaya

Kita ketahui berbagai macam budaya yang indonesia miliki.seperti misalnya macam-macam tari daerah, rumah adat, lagu kebangsaan, makanan, tulisan, suara, pakaian, gambar, patung, dan alat musik. masing masing daerah pasti memiliki perbedaan diantara yang disebutkan diatas. seperti contoh budaya orang jawa. makanan khas mereka gudeg, alat musiknya adalah gamelan, tarinya adalah keroncong dan lain-lain. masing-masing budaya memliki keunikan yang khas. budaya adalah menjadi salah satu tolak ukur bangsa ini untuk menjadi pcuan daerahnya agar pada suatu saat ada budaya asing masuk ke indonesia, indonesia tidak kalah saing untk menunjukan budaya yang kita memiliki saat ini, dan diharapkan tidak akan pudar sampai negara ini mati.

Integrasi masyarakat tidak akan pernah melebur tetapi akan selalu selaras. dari berbagai jenis suku, ras, agama, budaya yang dijelaskan tadi, setiap masing-masingnya pasti akan selalu menimbulkan suatu perbedaan yang dapat terjadi suatu konflik di antara mereka. perbedaan tersebut dapat memicu perpecaha yang dapat terjadi diantara mereka.  seperti konflik SARA ( suku, agama, ras ) seperti contoh adalah terjadi konflik SARA (suku, agama, rasa, dan antar golongan) terjadi pada tanggal 6 Februari 2011 yang menewaskan tiga orang jemaah Ahmadiah dan tujuh orang lainnya luka-luka akibat penyerangan kediaman pimpinan Ahmadiah di kampung Peundeuy, Desa Umbulah, Kecamatan Cikeusik yang diserang oleh ribuan massa. Menyusul setelah penyerangan Ahmadiah, pada tanggal 7 Februari 2011 terjadi lagi pembakaran gereja di Temanggung yang menyebabkan sembilan orang luka-luka serta kerusakan tiga gereja.

kejadian seperti ini, menimbulkan perpecahan. Untuk mengarahkan jalannya masa transisi ini kearah yang benar, dibutuhkan juga peran pemerintah dalam masyarakat sebagai penetrasi atau penengah dalam resolusi konflik. Jadi berdasarkan ulasan diatas, masalah-masalah bernuansa SARA akhir-akhir ini bukanlah semata-mata karena ketidak seriusan pemerintah, melainkan kejadian-kejadian tersebut adalah suatu proses tercapainya keteraturan yang baru yakni demokrasi yang terkonsolidasi.

solusinya adalah sikap saling menghargai dan menghormati diantara kita. jangan membeda bedakan diantara kita dari segala perbedaan yang ada. kita adalah satu, yaitu indonesia. hormatilah agama, ras, suku yang mereka miliki. justru dari perbedaan yang ada, kita harus bersatu, untuk menimbulkan rasa ingin tau dari perbedaan yang ada.

wanty zahara

2 SA 03

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: