Skip to content

Mengidentifikasi masalah sosial

October 1, 2011

Masalah sosial di sekitar kita, pada dasarnya memang sejak lama telah ada. dan kita ketahui, pemerintah pun telah berupaya untuk mengatasinya. tetapi, kita dapat menyimpulkan sendiri ternyata masih ada saja di lingkungan dimana kita tinggal maupun di luar lingkungan, masih ada saja sedikitnya masalah seperti, pedagang kaki lima yang sedikit mengganggu ketertiban di jalan umum, pengemis yang dilihat dari segi fisiknya masih mampu untuk bekerja tetapi mereka hanya bisa meminta-minta, sampah yang menggunung, dan yang lebih populer adalah kemacetan  lalu lintas. oleh karena itu, kita sebagai seorang pelajar, di harapkan mampu membantu mengatasi sedikitnya masalah tersebut. dalam artikel ini akan dibahas salah satu jenis masalah sosial beserta solusinya.

Masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara hubungan  masyarakat dan budaya berupa unsur-unsur yang dapat mempengaruhi kehidupan masing-masing masyarakatnya .faktor-faktor masalah sosial diantaranya adalah :

  • Faktor ekonomi     : kemiskinan, pengangguran
  • Faktor budaya       : perceraian, kenakalan remaja
  • Faktor biologis      : penyakit menular, keracunan makanan
  • Faktor psikologis : penyakit saraf, aliran sesat

salah satu topik masalah sosial yang ingin saya bahas adalah masalah sosial tentang sampah. kita ketahui hidup bermasyarakat tidak luput dari yang namanya sampah. mengapa? tentu, para ibu rumah tangga maupun para orang kantoran sehari harinya pasti berhadapan dengan  yang namanya sampah. saat ini, kesadaran masyarakat terhadap sampah sangat memprihatinkan. rasa peduli, ingin sehat, bebas dari penyakit sangatlah kecil. tentunya di daerah pemukiman  yang sangat padat penduduknya. mereka tidak memikirkan dampak dari ketidak pedulian mereka jika membuang sampah sembarangan. mereka membuangnya ke sungai sehingga sungai menjadi mampet dan menyebabkan banjir.

tidaklah heran, jika setiap tahunnya daerah yang dekat dengan sungai yang penduduknya dipadati dengan beribu pasangan telah siap dengan akan datangnya banjir setiap tahunnya. selain itu, keadaan lingkungan mereka pun akan terasa kumuh seperti tidak layak untuk di tempati. dengan santainya sampah dari hasil rumah tangga di buang ke sungai. sungai menjadi bau, berwarna buram, dan tersebar berbagai penyakit di dalamnya. tetapi bagi mereka sungai keadaan seperti ini layak untuk kehidupan mereka. misalnya, mereka gunakan untuk mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian. keadaan seperti ini sangatlah memilukan hati dimana seharusnya mereka mendapatkan kehidupan yang layak dan kebutuhan yang pantas untuk kehidupan mereka. lalu bagaimana solusinya ?

menurut saya, masalah demikian dapat di atasi dengan cara sebagai berikut :

  1. Tanamkan dari dalam diri kita, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. dengan demikian, diri kita pun terbiasa  untuk hidup bersih juga sehat. bersih jika berawal dari keluarga akan terbentuk dengan sebdirinya dimanapun diri kita berada.
  2. Sekecil apapun sampah yang kita buang, biasakan taruh di tempat sampah. dengan ini pasti lingkungan akan bersih terjaga.
  3. Budayakan dalam keluarga kita untuk selalu membersihkan tempat sampah rumah, walaupun kotor, dengan ini akan meminimalisasikan bersarangnya sumber penyakit. fisik akan lebih terjaga dan penyakit akan mudah menjauh.4.
  4. Jika berorganisasi dalam lingkungan, budayakan minimal 1 bulan 2-3 kali diadakan kerja bakti. sehingga walaupun jarang akan lebih baik kita membersihkannya . dan toleransi antar tetangga pun akan terbentuk dengan baik.
  5. Usaha dari pribadi kita masing-masing jika dalam suatu ruangan berada sampah kecil, marilah kita rela untuk membuangnya, dengan demikian pribadi kita pun akan terlihat peduli kebersihan.

Dengan ini, akan meminimalisasikan keberadaan sampah di daerah kita agar tercipta kehidupan yang sehat, bersih juga nyaman. demikian artikel saya, semoga dapat menjadi sebagian  kecil solusi untuk masalah sosial  mengenai sampah. berawal dari diri sendirilah masalah sosial akan sedikit terselesaikan untuk terciptanya lingkungan yang bebas dari sampah. demikian terima kasih.

Nama : Wanty Zahara

Kelas   : 2  sa 03

NPM    : 18610456

Tugas : softskill – Ilmu sosial dasar

2011

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: